Tips Bisnis Properti Tanpa Riba Dan Tetap Menguntungkan

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dimasa depan adalah properti. Sebab nilai jualnya dari tahun ke tahun semakin meningkat dan layak menjadi alternatif untuk berinvestasi. Bisnis properti yang patuh syariah mulai banyak bermunculan dan dengan cepat menarik perhatian konsumen. Tetapi untuk memulai usaha ini tidaklah mudah diperlukan tips bisnis properti tanpa riba agar memperoleh keuntungan maksimal.

Tidak ada yang perlu dirahasiakan ketika memulai bisnis properti syariah, karena bisa diterapkan oleh semua orang. Prinsip dasar usaha properti ini adalah berdasarkan syariat Islam yang tidak ada unsur riba dalam setiap transaksinya. Beberapa tips bisnis properti tanpa riba yang tetap menguntungkan, antara lain:

1. Kecukupan Dan Ketersedian Modal

Ketersedian dan kecukupan modal amat sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini. Sehingga pembangunan dan pengembangan properti dapat berjalan dengan lancar. Dengan demikian kepercayaan konsumen dapat terjaga dengan baik. Menjaga perputaran dana menjadi sangat penting, agar tidak kehabisan modal di tengah-tengah pelaksanaan pembangunan.

Yang harus diperhitungkan adalah keuntungan pengembang bukan berasal bunga kredit, tetapi berdasarkan harga jual yang dibagi dengan lamanya angsuran. Dan jumlah yang dibayarkan konsumen juga flat nilainya, sesuai dengan kesepakatan. Tips bisnis properti tanpa riba adalah dengan transaksi tunai bertahap dengan batas maksimal 24 bulan.

2. Lahan Yang Strategis Dan Prospektif

Pemilihan lahan atau lokasi bisnis properti yang tepat akan memberikan hasil atau keuntungan yang maksimal. Apalagi jika konsumen yang beragama Islam yang disasar, beberapa kriteria penting yang wajib diperhatikan, seperti;

  • Kemudahan akses jalan ke perkotaan, rumah sakit, fasilitas umum dan pedidikan
  • Dekat dengan sarana dan prasarana ibadah umat muslim
  • Lingkungan yang jauh dari unsur haram dan maksiat
  • Keamanan dan kenyamanan

3. Gunakan Merk Bisnis Yang Mudah Diingat

Tips bisnis properti tanpa riba selanjutnya adalah menggunakan nama atau merk usaha yang gampang diingat orang. Apalagi jika merk yang digunakan tersebut sudah dilengkapi secara hukum. sehingga menjadi lebih professional dalam membangun kepercayaan konsumen maupun calon pembelinya. Akan semakin bagus lagi jika didukung dengan website yang menjadi jembatan informasi dengan konsumen maupun calon pembeli.

4. Promosikan Usaha

Meskipun peminat dan konsumen maupun calon pembeli sudah banyak, sebaiknya tetap lakukan promosi. Sehingga produk properti syariah semakin dikenal masyarakat luas. Promosi juga menjadi salah satu tips bisnis properti tanpa riba yang nantinya akan memberikan keuntungan lebih banyak lagi dimasa-masa mendatang.

Berikan informasi produk properti yang ditawarkan dengan benar dan lengkap, seperti; lokasi, lingkungan, kemudahan akses, fasilitas dan lain sebagainya. Sehingga calon konsumen tidak merasa dibohongi atau ditipu, bahkan semakin berminat dengan produk yang ditawarkan.. Berikan kontak person yang jelas dan mudah dihubungi.

5. Konsultan Syariah

Agar bisnis tetap berjalan dengan prinsip syariah, maka diperlukan konsultan yang paham akan hukum bisnis syariah. Sehingga bisnis properti yang sedang dikerjakan tetap sesuai dengan syariah Islam. Untuk itu pilihlah konsultan yang benar-benar ahli dibidang jual beli syariah dan hukum ekonomi Islam.

Prospek bisnis properti anti riba yang sudah semakin marak ini memang sangat potensial untuk lebih dikembangkan lagi. Apalagi kebutuhan rumah tinggal , ruko, kios dan lain sebagainya sudah semakin meningkat. Dan semua orang juga bisa melakukan usaha properti yang bebas dari unsur riba, asal diniati dengan sungguh-sungguh. Semoga bermanfaat bagi yang sedang merintis bisnis properti syariah.