Modal Bisnis Laundry Bagi Yang Ingin Menjalankannya

Usaha laundry bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Apalagi modal bisnis laundry tidak terlalu besar tetapi profitnya lumayan. Di artikel berikut akan dijelaskan modal bisnis laundry yang perlu dipersiapkan. Semoga bisa bermanfaat untuk yang ingin membuka bisnis ini. Berikut penjelasannya:

1. Modal Untuk Membeli Mesin Cuci

Jika ingin membuka usaha laundry salah satu perangkat yang harus dibeli adalah mesin cuci. Unitnya tidak usah terlalu banyak cukup dua-tiga mesin saja. Karena kalau hanya satu unit masih kurang layak untuk bisnis. Modal yang dibutuhkan untuk membeli tiga mesin cuci sekitar Rp15.000.000 rupiah. Karena satu unit mesin cuci yang bagus harganya sekitar Rp5.000.000 rupiah.

2. Modal Biaya Promosi Bisnis

Sekalipun baru membangun bisnis laundry strategi pemasaran tetap harus dijalankan. Supaya usaha yang dikelola bisa dikenal oleh banyak orang. Untuk melakukannya segera persiapkan modal pembuatan banner promosi lalu datangi percetakan. Setelah jadi banner bisa dipasang di jalan sekitar toko atau tempat di mana usaha berada.

Untuk biaya promosi, modal yang dibutuhkan sangat murah. Yang standar adalah persiapkan Rp500.000 rupiah sampai Rp1.000.000. Yang terpenting adalah di dalam banner promosi tersebut tertulis detail usaha yang jelas.

3. Modal Sewa Gedung

Modal bisnis laundry yang selanjutnya adalah modal untuk sewa gedung. Ini diperlukan bagi pebisnis yang tidak memiliki lahan sendiri. Bisa juga karena rumahnya terlalu sempit dan semacamnya.

Modal sewa gedung adalah modal usaha yang paling besar. Jika tempatnya strategis uang yang harus dipersiapkan Rp12.000.000 setahun. Karena normalnya sewa tempat semacam ini ditarik biaya Rp1.000.000 perbulan. Apalagi jika untuk kepentingan bisnis.

4. Modal Rumah Tangga Usaha

Apapun bentuk usahanya pasti membutuhkan modal rumah tangga usaha. Begitu juga dengan usaha laundry. Yang termasuk ke dalam modal jenis ini adalah biaya listrik, PDAM dan sewa TV Berbayar.

Kebutuhan di atas tidak terkait langsung dengan bisnis laundry tetapi tetap dibutuhkan. Terutama listrik yang mana mesin cuci tidak mungkin hidup jika tanpa aliran listrik.

Modal untuk kebutuhan ini bervariasi. Namun jika bisnis hanya kecil-kecilan modal yang dibutuhkan berkisar antara Rp1.000.000 sampai Rp2.000.000 rupiah saja.

5. Modal Untuk Pengadaan Sarana Pendukung Loundry

Jika hanya membeli mesin cuci bisnis laundry masih belum bisa dijalankan. Karena pasti pelanggan tidak akan puas dengan hasil cucian. Maka dari itu, dibutuhkan sarana pendukung laundry.

Yang termasuk kebutuhan pendukung laundry adalah sabun cuci, pengharum baju, seterika, dan alat pengering manual. Alat penimbang pakaian juga masuk kategori ini.

Modal yang dibutuhkan untuk kebutuhan ini sangat terjangkau. Cukup disediakan saja uang sebesar Rp1.000.000 rupiah. Itu sudah cukup untuk membeli sarana laundry yang lengkap.

6. Modal Transportasi Antar Jemput Cucian

Saat ini sudah marak pebisnis laundry yang membuka jasa antar jemput cucian. Tujuannya supaya pelanggan bersimpati terutama mereka yang tidak sempat untuk datang langsung ke tempat usaha.

Tentu untuk layanan ini dibutuhkan modal pengadaan alat transportasi seperti sepeda motor. Cuma kalau menggunakan kendaraan pribadi tidak dianjurkan apalagi jika matic yang harganya mahal. Maka dari itu, lebih baik beli sepeda motor second yang harganya lebih murah.

Modal yang dibutuhkan untuk membeli kendaraan untuk antar jemput cucian adalah Rp3.000.000 rupiah. Itu sudah mendapatkan satu unit kendaraan bebek second yang masih layak pakai.

Jika dihitung dari kalkulasi modal bisnis laundry yang dijelaskan di atas maka yang dibutuhkan untuk bisnis hanya sekitar Rp34.000.000 saja. Cukup terjangkau bukan! Maka dari itu, silakan bisnis dijalankan saat ini juga.